Minggu, 11 November 2012

Want to be a Fashion Designer!



Walaupun salah satu cita cita ini, bakalan kejadian 5 atau 7 taun lagi. Amin. Hana bakalan share cara sukses buat jadi Fashion Designer yang baik. Prepare prepare aja gitu buat kalian yang minat masuk Fashion Designer juga.  Ehm, tapi ini juga jadi salah satu loh. Jurusan seni juga bener bener menarik tuh. YIHAAAAA, eh lupa belum juga kelas XII. Eh apa ini jadi ngikut curhat hehehe.
Sekolah Mode

That’s Right! Meskipun bakat dan kreatifitas itu bisa datang secara otodidak, namun saya percaya dengan sekolah seperti sekolah mode bukan hanya menjadi nilai tambah saja, namun kita juga bisa mengasah kreatifitas itu untuk menjadi seorang designer. Bukan hanya designer yang kerjanya hanya bisa memabuat ide rancangannya saja namun juga bisa proposiponal.
Menurut Bernad Candran pendidikan dalah modal, mulai dari teknik menjahit, merancang, hingga sejarah fashion kita harus tau. Seseoang harus tahu basic menjadi designer bahkan tak sedikit para designer yang rela sekolah keluar negri hanya untuk  belajar.
“Everyone  must go to a fashion school to understand the basic of fashion . Not only to learn design , but history the fashion too”
Mengikuti Kompetisi
Dengan mengikuti ajang kompetisi juga mampu menjadi tolak ukur kemampuan teknik merancang bagi anda sendiri. Sejauh mana kapasitas kemampuan anda? Berkaca pada Bernad Candran, ia  mengikuti kontes “ Open Eouropan Contest For Look Of The Year 2000 dan menjadi orang pertama yang memenangkan ajang tersebut. Cara lain untuk mengukur keberhasilan eksistensi seorang designer bisa kita lihat dengan jam terbang karyanya di dalam maupun luar negeri.


Strategi Bisnis
Untuk menjadi seorang designer kita juga harus memiliki keakuratan dalam menganalisis starategi bisnis apa saja yang akan dilakukan. Mengintip trend yang ada serta membuat sebuah inovasi terbaru sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri . Modal  kecil buakanlah menjadi salah satu halangan , seperti contoh Tube Gallery berawal dari outlate kecil di dapartement store Bangkok, Hingga akhirnya Tube Gallery berhasil merebut pasar lokal hingga sampai bisa memiliki butik sebesar sekarang.
“ Star Your Businers from a small amount of capital and say no to over price product”
Harus Berani
Kita juga harus memiliki salah satu kepercayaan diri yang cukup tinggi untuk bisa menjadi salah satu designer  terkenal. Menurut Tube Gallery Kepercayaan diri menjadi salah satu modal. Resep untuk menjadi designer yang profesional caranya :
“Hanya mau merendahkan diri dengan belajar dari nol soal teknik design, produksi hingga penjualan. Berhasil meraup untuk ekspor dan kita juga tidak takut ketika trial error selama terus mencoba untuk mendesign rancangan terbaik “. Salut..:)
Ah! Fashion Designer. So, Menurut saya menjadi seorang designer itu merupakan salah satu kebanggaan tersendiri. Apapun cita-cita kamu entah itu menjadi seorang designer atau seorang penulis yang terpenting adalah tekad pleus semangat yang kuat. Kita jadi designer, penulis, atau pelukis taun taun mendatang ya! Semoga kita berhasil! Yiha, amin. Mangat guys, Impian nin impian! :p

0 komentar: